RSS

Cara Alami Merawat & Memperbaiki Rambut Rusak

 
Rambut rusak adalah salah satu masalah rambut yang paling umum bagi wanita. Secara teknis,rambut rusak berarti kutikula rambut telah retak,pecah atau memudar.Banyak faktor yang berkontribusi menjadikan rambut Anda kering dan rusak,seperti :
1.Rambut terlalu sering di bleaching,dyeing,dikeriting,rebonding

2.Mencuci rambut terlalu sering
3.Menggosok rambut terlau Keras
4.Menggunakan pengering dan styling
5.Terlalu lama terkena sinar matahari
6.Bahan kimia dan polutan dalam air
Faktor internal yang dapat merusak rambut termasuk pola makan yang buruk,stres,insomnia dan anemia,kekurangan vitamin terutama selama kehamilan dan masa menyusui.

Beberapa solusi untuk perawatan rambut rusak:

- Hindari pencucian rambut setiap hari.Selama rambut cukup bersih dan mudah diatur,rambut dapat dicuci setiap 3 hari sekali.Jika rambut terlalu sering di cuci,minyak alami di kulit kepala akan semakin berkurang.
- Jangan menggosok rambut terlalu keras karena gesekan berlebih bisa menyebabkan rambut putus.
- Selalu gunakan sisir bergigi lebar dan sisir rambut dengan lembut.Jangan sisir rambut ketika masih basah,karena rambut sangat lemah.
- Biarkan rambut kering secara alami.Jika menggunakan alat pengering,nyalakan pada pengaturan paling rendah,karena suhu panas dari pengering rambut dapat merusak rambut.
- Mengenakan topi atau syal ketika akan beraktifitas diluar.Topi atau syal berguna untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari yang dapat merusak rambut.
- Pijat kepala Anda.Pijat kepala bermanfaat untuk memperkuat akar rambut dan meningkatkan sirkulasi darah pada rambut.

Masker Rambut Untuk Memperbaiki Rambut Rusak

Meskipun ada banyak jenis masker rambut tersedia di pasaran yang bisa Anda dapatkan dengan mudah.Namun masker rambut dari bahan alami lebih bagus untuk mengatasi rambut rusak karena tanpa bahan kimia,berikut adalah resep masker rambut untuk rambut kering dan rusak.
Masker Rambut Untuk Memperbaiki Rambut Rusak # 1
Bahan:
Minyak Zaitun -  5 sdm
Telur – 2 butir
cara membuat :
Campur 5 sdm minyak zaitun hangat dengan dua telur kocok.Oleskan campuran ini pada rambut dan kulit kepala dengan kuas. Bungkus kepala anda dengan shower cap dan biarkan sekitar 20 menit.Bilas dengan air hangat diikuti dengan sampo lembut.
Masker Rambut Untuk Memperbaiki Rambut Rusak # 2
Bahan :
Minyak Zaitun – 1 sdm
Madu – 2 sdm
Cuka sari apel – 1 sdm
cara membuat :
Campur semua bahan diatas secara menyeluruh dan menerapkannya pada rambut dan kulit kepala Anda.Gunakan sisir bergigi lebar untuk menyisir rambut hingga masker merata di seluruh rambut.Biarkan selama satu jam,kemudian bilas dengan air hangat.Ini adalah salah satu resep masker rambut terbaik.
Masker Rambut Untuk Memperbaiki Rambut Rusak # 3
Bahan:
Pisang ( matang ) – 2 buah
Madu – 2 sendok makan
Susu setengah cangkir
cara membuat :
Haluskan pisang dan tambahkan madu dan susu,kemudian aduk hingga tercampur dengan baik.Oleskan secara menyeluruh pada rambut dan kulit kepala Anda.Biarkan selama sekitar 20 menit,kemudian bilas dengan air dingin diikuti dengan sampo lembut dan kondisioner.
Masker Rambut Untuk Memperbaiki Rambut Rusak # 4
Bahan:
Pisang – 1 bauh
Minyak Gandum – 2 sdt
Yoghurt (plain) – 2 sdm
Madu – 2 sdt
Susu kental – 2 sdt
Minyak atsiri – 3 sampai 5 tetes
cara membuat :
Masukan semua bahan ke dalam mangkuk kemudian blender hingga halus.Cuci rambut Anda dengan sampo pembersih, bilas dan tepuk hingga kering dengan handuk.Terapkan ini masker rambut ini ke seluruh rambut Anda kemudian membungkusnya dengan shower cap. Biarkan selama satu jam,kemudian bilas dengan shampo ringan diikuti dengan conditioner.
Masker Rambut Untuk Memperbaiki Rambut Rusak # 5
Bahan :
Alpukat (matang) – 1 buah
Madu-1 sendok makan
Minyak zaitun-2 sendok makan
Cara membuat :
Tumbuk alpukat dan tambahkan madu dan minyak zaitun.Aduk sampai berubah seperti krim ,kemudian menerapkannya pada rambut Anda.Biarkan selama sekitar setengah jam,kemudian bilas dengan air,diikuti dengan sampo dan kondisioner.
Melindungi rambut dari kerusakan adalah cara terbaik untuk mendapatkan rambut indah dan sehat.Anda dapat memakai masker rambut dengan resep di atas dua kali seminggu sekali atau seminggu sekali untuk rambut yang rusak dan kering.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar