RSS

mengatasi rambut kutuan



cara menghilangkan kutu rambut
Bagi orang yang telah dewasa mungkin tidak pernah lagi ditemukan masalah kutu rambut, namun bagi anak-anak dan kalangan remaja permasalahan ini masih sering ditemukan.
Apa sebabnya dan bagaimana cara mengatasinya, mari kita bahas bersama-sama mulai dari semua hal yang ditengarai menjadi biang kemunculan kutu pada rambut dan berbagai macam metode untuk menghilangkan kutu pada rambut.
Sebenarnya kutu tidak hanya terdapat pada bagian rambut kepala saja, namun juga kadang ditemukan pada daerah alis dan bagian tubuh lainnya. Kami akan membahasnya satu persatu pada kesempatan yang akan datang.
Berikut beberapa penyebab, gejala dan cara menghilangkan kutu rambut yang sudah dibuktikan oleh banyak orang di dunia.

Penyebab

Kutu rambut sering menginfeksi kulit kepala manusia, penyebabnya bisa beragam. Pada masa awal perkembangannya, kutu ini dimulai dari telur kecil yang mirip dengan ketombe. Perbedaannya adalah jika ketombe dapat hilang ketika menggunakan shampoo anti ketombe, maka telur tersebut tidak mudah untuk disingkirkan.
Dari beberapa kasus yang ditemukan di lapangan, berikut beberapa penyebab utama munculnya kutu rambut pada seseorang:
  • Terjadi kontak fisik dengan orang yang memiliki kutu di rambutnya
  • Menyentuh pakaian atau menggunakan tempat tidur orang yang telah terinfeksi
  • Menggunakan topi, sisir, sikat dan handuk yang sama dengan orang yang terinfeksi
Bermasalah dengan kutu bukan berarti tingkat kebersihan kita buruk, masalah ini terjadi lebih karena faktor eksternal yaitu tertular oleh orang lain.
Tidak seperti kutu yang berada dan berkembang biak di bagian badan, kutu pada rambut tidak pernah membawa atau menyebarkan jenis penyakit tertentu.

Gejala

Ada beberapa tanda yang mudah kita kenali jika seseorang terinfeksi oleh kutu pada rambut, berikut beberapa gejala kutu rambut yang sering ditemukan pada sebagian besar orang.
  • Muncul benjolan kecil berwarna merah di leher, bahu atau kulit kepala
  • Terdapat bintik putih kecil pada bagian rambut yang susah untuk dihilangkan, ini yang kami maksud dengan telur
  • Rasa gatal yang terus-menerus terjadi
Gejala nomor dua seringkali tidak terlihat oleh kasat mata karena terlalu kecil, baru akan terlihat jika bintik-bintik putih tersebut berjumlah banyak.

Langkah pengobatan

Di bawah ini merupakan beberapa cara mengatasi kutu rambut yang sudah banyak dibuktikan orang keampuhannya, silahkan ikuti satu demi satu untuk mendapatkan hasil yang maksimal:
Gunakan shampoo
Bukan sembarang shampoo, anda membutuhkan shampoo yang mengandung zat permethrin, silahkan lihat pada kemasan produk tersebut. Untuk menggunakannya, basahi dan keringkan terlebih dahulu rambut anda.
Setelah benar-benar kering lalu mulailah untuk mengoleskan shampoo tersebut, diamkan selama 10 menit lalu bilas seperti biasanya.
Gunakan sisir bergerigi besi
Jangan gunakan sisir yang terbuat dari plastik karena hasil yang didapat kurang maksimal. Untuk penggunaannya mulailah dengan melumuri semua bagian rambut dengan minyak zaitun, kemudian anda dapat menggunakan sisir tersebut untuk menyisir dari bagian pangkal hingga ke ujung rambut.
penggunaan sisir dan minyak zaitun ditujukan untuk menghilangkan telur kutu rambut yang terdapat pada setiap helaian rambut. Gunakan sisir dengan gerigi yang tidak terlalu longgar.
Penggunaan sisir bergerigi besi dan minyak zaitun dilakukan selama 7 sampai 10 hari.
Gunakan malathion atau isopropanol
Keduanya dapat anda dapatkan di apotek terdekat, dua zat ini terkenal ampuh dalam membasimi kutu pada rambut. Untuk penggunaan anda bisa mengoleskannya pada setiap helai rambut yang kering dan diamkan selama 12 jam.
Penggunaan zat kimia tertentu mungkin akan menimbulkan efek samping pada penggunanya, setiap orang mungkin memiliki reaksi berbeda terhadap zat-zat tersebut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar